Sabtu, 28 April 2012

Hak-hak Persaudaraan Islam


1. Mencintai Saudaranya karena Allah SWT
Hendaknya seorang muslim tidak mencintai saudaranya kecuali karena Allah SWT, bukan karena kepentingan dunia, jika persaudaraan dan persahabatan dilandasi bukan karena Allah SWT maka persaudaraan itu karena kepentingan dunia, maka kecintaan dan persahabatan tersebut akan pudar dan sirna
2. Senantiasa memberi bantuan
Termasuk hak-hak persaudaraan sesama muslim adalah saling berkorban untuk membantu saudara atau sahabatnya, baik dengan harta maupun fisik. Sebab hakekat persaudaraan adalah mengutamakan saudara daripada diri sendiri atau berbuat itsar. Allah SWT berfirman “Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri sekalipun mereka dalam kesusahan”( QS.Al-Hasyr :9)
3. Menjaga Kehormatan Saudaranya
Ini merupakan hak yang sangat agung. Bahkan tidak bisa dipahami makna dan nilai persahabatan secara khusus kecuali dengan menjaga kehormatan saudaranya. Diantara bentuk-bentuk menjaga kehormatan sesama muslim antara lain :
-          Menahan diri untuk tidak menyebutkan kejelekan-kejelekannya
-          Tidak ikut campur pada permasalahan-permasalahan pribadinya yang tidak ia tampakkan kepada kita
-          Menjaga rahasia-rahasia probadinya
4. Menjauhi Berburuk Sangka Terhadap Saudaranya
Selayaknya bagi seorang yang bersahabat untuk tidak berburuk sangka kepada sahabatnya karena dengan berburuk sangka bisa mengakibatkan rusaknya hubungan diantara mereka. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :” Jauhilah prasangka karena sesungguhnya prasangka adalah berita yang paling dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)
5. Menjauhi Perdebatan dengan Saudaranya
Merupakan hak-hak persaudaraan Islam adalah menghindari perdebatan diantara merela. Karena perdebatan dapat memudarkan rasa cinta dan menyebabkan sirnanya ni;ai persahabatan, merusak persahabatan yang telah terjalin, dan menimbulkan kebencian, permusuhan serta terputusnya hubungan diatara manusia.
6. Berbuat dengan Lisan     
Diantara cara berbuat baik dengan lisan adalah :
-          Tidak pelit untuk mengungkapkan kecintaan kepada saudaranya
-          Memujinya tetapi tidak dihadapnnya. Karena memuji dihadapannya bisa menimbulkan sifat ujub
-          Berteriakasih atas kebaikan-kebaikannya
7. Memaafkan kesalahanSaudaranya
Tidaklah ada dua orang sahabat atau dua orang bersaudara atau lebih kecuali pasti diantara mereka yang berbuat salah. Pasti salah satu akan melihat kesalahan yang lain, saudaranya pasti akan menimbulkan luka, karena mereka adalah manusia. Oleh karena itu, termasuk hak-hak persaudaraan adalah saling memaafkan
8. Turut gembira dengan karunia yang Allah SWT berikan kepadanya
Termasuk hak-hak persaudaraan adalah ketika Allah SWT memberikan kepad salah seorang saudara kita karunia dan kenikmatan, maka kita turut bergembira dengan hal itu. Seolah-olah Allah SWT memberikan karunia itu kepada kita. Dan hal ini akan menjauhkan kita dari perbuatan saling mendengki
9. Menjalin kerjasama dalam kebaikan
Hendaknya bagi orang yang bersahabat terjadi tolong-menolong dalam kebaikan. Allah SWT berfirman :”Dan tolong menolonglah kalian dalam mengerjakan kebaikan dan ketaqwaan dan janganlah kalian saling tolong-menolong dalam mengerjakan dosa dan permusuhan” (QS.Al-Maidah : 2)
10 Saling Bermusyawarah
Hendaknya diantara orang yang bersaudara terjadi musyawarah. Janganlah salah seorang diantara mereka memutuskan perkaranya sendiri, namun hendaknya dimusyawarahkan.

(Dikutip dari Buletin “Al Ilmu “ Th VII/Edisi 1341 Rabi’ul Akhir 1433H/ Maret 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar